Manfaat Membaca Berbagai Ayat Al-qur’an


Tips / Saturday, December 15th, 2018

Beberapa tindakan harus dilakukan setelah selesainya setiap shalat wajib dan ini disebut Ta’qibaat . Manfaat Surat Al Ikhlas Dari berbagai tindakan yang telah direkomendasikan, ada beberapa ayat Al-Qur’an yang juga telah diresepkan dan membawa banyak pahala jika dibacakan setelah sholat harian.

Manfaat Membaca Berbagai Ayat Al-qur’an

Berikut ini adalah daftar ayat-ayat yang harus dibacakan dan catatan hadiah yang diperoleh untuk pembacaan masing-masing.

1. Dad’s ash-Shahada (Surah Ali-‘Imran: 18-19)

Dalam komentar Majma’ul Bayaan , itu diriwayatkan dari Nabi Suci bahwa mereka yang membaca ayat ini membuat perjanjian dengan Allah (SWT) dan Allah selalu memenuhi perjanjian-Nya. Jika ayat ini dibacakan setelah setiap doa, maka Jannah dijamin kepada qari.

2. Ayah dari al-Mulk (QS. Ali-‘Imran: 26-27)

Diriwayatkan bahwa Nabi (S) pernah menasihati salah satu sahabatnya, yang berutang, untuk membaca ayat ini setelah setiap doa dan kemudian memohon kepada Allah (SWT) untuk pembayaran utangnya mengatakan bahwa bahkan jika utang adalah sama dengan seluruh daratan di Bumi, mereka akan dibayar kembali.

3. Ayah al-Kursi (QS. Al-Baqarah: 255-257)

Diriwayatkan dari Nabi Suci (S) bahwa tidak ada penghalang antara orang yang membaca ayat ini setelah setiap doa dan Jannah kecuali kematian yaitu. dia akan merasakan kesenangan dari Jannah segera setelah kematiannya, dan hanya orang itu yang akan dapat melafalkannya yang saleh dan benar.

4. Dad al-Madhkurah (QS. Ar-Rum: 17-22)

Siapa pun yang membacakan ini setelah setiap doa wajib akan mendapatkan hadiah setara dengan tetesan hujan dan butiran pasir. Nabi Suci (S) telah sangat merekomendasikan pembacaan ayat ini terutama pada pagi dan sore hari.

5. Ayah as-Sakhrah (Surah A’araaf: 54)

Ini juga harus dibacakan setelah setiap doa. Manfaat membaca ayat ini adalah bahwa ia bertindak sebagai perlindungan dari Setan . Dikatakan bahwa orang yang membaca ayat ini dilindungi terhadap alur-alur Setan bahkan jika dia sendirian di padang pasir.

Bacaan lain juga direkomendasikan, misalnya, dikatakan dalam sebuah narasi bahwa siapa pun yang membaca Surat di-Tauhid setelah sholat akan menikah Hur-ul-Ein di Jannah. Direkomendasikan bahwa Surat di-Tauhid dibacakan sepuluh kali setelah setiap doa dan ini mengarah untuk diampuni menjadi Allah (SWT) dan diberkati dengan kebaikan dunia ini dan akhirat.

Demi keringkasan, di sini adalah daftar ayaat dan Sura yang juga direkomendasikan untuk dibacakan setelah sholat:

a) Surah al-Ahzaab: 56

b) Surah al-Baqarah: 285-286

c) Surah al-Kahf: 109-110

d) Surah as-Saffaat: 1-10 dan kemudian tiga terakhir ayaat.

e) Surah ar-Rahman: 33-36

f) Surat al-Hashr: 21-24

g) Surah al-An’aam: 1-3

h) Surah al-Falaq, an-Naas, ar-Rahman al-Qadr, al-Fatehah, Ya Sin, al-Waaqiyah, al-Mulk, ad-Dahar dan an-Naba semuanya direkomendasikan.

Ayat-ayat yang harus dibacakan sebelum tidur

Diriwayatkan bahwa siapa pun yang membacakan [QS. Al-Fatir: 41] sebelum pergi tidur disimpan aman dari runtuhnya rumahnya di atas dia. Imam Ali as telah mengatakan bahwa jika seseorang membaca [Surah al-A’araaf: 196] dan [Surah az-Zumar: 67] sebelum tidur, ia akan selamat dari tenggelam (jika ia tidur di atas kapal) ) atau terbakar (di rumahnya).

Pembacaan [Surah al-Kahf: 110] baik untuk membuat seseorang bangun pada waktu tertentu. Yang harus dilakukan adalah membuat niat waktu yang tepat Anda ingin bangun dan kemudian membaca ayat ini sebelum tidur. Surah at-Takathur juga direkomendasikan dan Nabi (S) mengatakan bahwa siapa pun yang membacanya sebelum tidur akan diselamatkan dari kengerian kubur.

Bacaan khusus untuk Kamis malam dan Jumat

Tercatat bahwa jika seseorang membaca Surah Bani-Isra’il pada Kamis malam, ia akan bertemu Imam ke-12 (atf) dan akan berada di antara teman-temannya. Orang yang membacakan Surat al-Kahfi akan mati sebagai martir dan akan dibangkitkan bersama para martir pada Hari Kiamat.

Siapa pun yang membaca Surah Saad pada hari Kamis malam akan diberkati dengan kebaikan di dunia ini dan baik di akhirat sedemikian rupa sehingga tidak seorang pun kecuali para nabi dan mereka yang sangat dekat dengan Allah (SWT) akan mendapatkan pahala yang sama.

Jika Surah ad-Dukhan dibacakan pada malam ini, semua dosanya akan diampuni. Ia akan mendapat pahala yang setara dengan membebaskan seribu budak untuk setiap surat yang dibacakannya dan tujuh puluh ribu malaikat akan berdoa agar dosa-dosanya diampuni. Orang yang membaca Surat al-Waqi’ah akan dihitung dari teman-teman Allah (SWT). Surat-surat lain yang telah direkomendasikan pada Kamis malam adalah Surah an-Naml, al-Qasas dan Hamim Sajdah.

Pada hari Jumat, Surat-surat yang sangat dianjurkan adalah Surah al-Ikhlaas, an-Naas, al-Falaq, at-Tawba, al-Kahfi, as-Saffaat, ar-Rahman, an-Nisaa, Hud dan al- Qadr. Semua ini membawa pahala besar dan harus dibacakan jika memungkinkan. Imam Ali as telah mengatakan bahwa siapa pun yang membaca Surat an-Nisaa pada hari Jumat akan dilindungi dari siksa kuburan. Orang yang membacakan Surah Hud akan dihitung dengan para nabi dan rasul dan dosa-dosanya akan diampuni.

Manfaat membaca Surat Al-Kahfi adalah bahwa semua dosa pada minggu lalu diampuni. Imam Ja’far as-Sadiq (as) mengatakan bahwa jika seseorang membaca Surat As-Saffaat pada hari ini, ia akan dilindungi dari semua malapetaka dan kemalangan. Orang yang membacakan Surah ar-Rahman akan memiliki wajah yang bersinar pada Hari Kiamat.

Juga dianjurkan untuk membaca [at-Tawba: 128-129] dan [al-Hashr: 21-24] pada hari Jumat pagi.

Bacaan untuk peningkatan rezeki

Diriwayatkan bahwa menulis Surat al-Mu’min di malam hari dan kemudian menyimpannya di tempat usaha meningkatkan rezeki. Menyimpan Surah al-Hijr di saku seseorang atau diikat ke lengan juga merupakan sarana peningkatan penghidupan. Surah al-Qaari’ah harus dipakai di leher dan Surah al-Waaqi’ah harus dibacakan setiap malam untuk tetap independen dalam hal mendapatkan penghasilan. Membaca Surat Adh-Dhariyaat setiap hari juga meningkatkan rezeki.

Menulis [al-Fatir: 29-30] dan menyimpannya di tempat perdagangan juga bertindak sebagai sarana peningkatan pendapatan. Menjaga [al-Jumu’ah: 4] bersama dengan barang-barang Anda untuk dijual membawa berkah dan menjaga barang-barang aman dari kerusakan. Air minum di mana Surah Yusuf telah dibubarkan (setelah menulis) juga meningkatkan rezeki.

Ayat-ayat yang membantu dengan cepat membayar hutang

Seperti disebutkan sebelumnya, ayah al-Mulk [Ali-‘Imran: 26-27] harus dibacakan bagi mereka yang ingin membayar kembali hutang mereka. Orang harus membaca ayat ini dan kemudian memohon kepada Allah (SWT) bahwa ia ingin membayar hutangnya dan mencari bantuan untuk melakukannya. Untuk tujuan yang sama, dua ayat terakhir dari Surat al-Baqarah juga harus dibacakan setelah setiap doa Isha.

Bacaan ayat al-Kursi setelah setiap doa dan membaca Surat Al-Waaqi’ah 41 kali adalah cara lain untuk mendapatkan bantuan ilahi dalam membayar kembali hutang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *